CERITA KKN 3

        Dalam rangka memenuhi syarat kelulusan program sarjana, setiap kampus harus melaksanaakan suatu kegiatan pengabdian ke dalam masyarakat guna menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari. KKN lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan partisipatif dan pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap potensi dan tantangan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka, baik secara individu maupun kelompok. Dikarenakan adanya pandemik covid-19, kampus STTKD menyediakan 3 program alternatif KKN yaitu: Program Individu, Program Relawan Covid-19, dan Program bersama Dosen. Agar kegiatan KKN berjalan dengan lancar maka dibentuklah sebuah kelompok kecil. Kelompok kami yang terdiri dari Dadi Wijaya, Clensaint A.P. Anugerah, FandiyaRiyaldi M, Jessica Chlarasima, Yusmina Hulda Walilo memilih Program Relawan Tanggap Covid-19 yang mana diterjunkan langsung diwilayah Kulonprogo, Tepatnya di Desa Tawang Sari.

        Pada saat kondisi ditenggah pandemi seperti  ini tentu saja sangat menantang dan yang paling penting lagi yaitu dengan adanya kita sebagai Tim Relawan covid-19 sangat membantu masyarakat untuk mensosialisasikan bagaimana cara tanggap atau menanggulangi covid-19 agar dapat mengurangi penyebar luasan Virus Covid-19, singkat cerita banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapat selama kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang tidak akan didapatkan ditempat lain dengan waktu yang sama, pengalaman pertama ketika melaksanakan kegiatan bersih – bersih di lingkungan sekitar kelurahan bersama masyarakat, dan melakukan kegiatan seperti Observasi budidaya ikan lele, Penanaman bibit pohon pepaya California, pemasangan stiker himbauan penggunaan masker disetiap masjid dan tempat umum yang sering di datangi orang banyak, membantu acara penutupan acara pelatihan kelompok Tani dll.

        Masyarakat sekitar sangat antusias menyambut baik dengan adanya program kuliah kerja nyata (KKN), walaupun dalam masa pandemic saat ini, kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tetap dilaksanakan sesuai dengan protocol kesehatan yang berlaku sehinga kegiatan program kerja nyata (KKN) dapat berjalan dengan baik, Meskipun tidak seperti saat kondisi normal sebelum Pandemik Covid-19. Selain masyarakat menyabut dengan baik, masyarakat juga sangat ramah dan tidak segan-segan meminta bantuan ketika masyarakat membutuhkan bantuan kami tim relawan tanggap Covid-19, Masyarakat yang berada dalam lingkup Kelurahan Tawangsari di setiap padukuhan yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, media pertanian yang berada dalam masyarakat desa adalah sawah, Hasil pertanian tersebut nantinya akan dibagi untuk konsumsi dan untuk diperjual belikan. Dalam pelaksaan program kerja yang dilaksanakan sangat mendukung akan keberlangsungan pertanian sebagai bentuk asset utama perekonomian masyarakat desa tawang dengan adanya kami melalukan kegiatan KKN di Desa Tawang Sari memberikan ilmu dan bekal untuk kedepanya nanti karena sangat berkesan dan mendidik karakter untuk menghadapi dunia kerja nanti, kemudian sedikit cerita tentang 3S(Sedih, Susah & Senang) yang lebih tepatnya itu adalah posko tempat kami untuk beristirahat dan untuk tidur dimalam hari selama 30 hari yang telah melindungi kami dari panasnya matahari dan dinginya malam tetapi dibalik itu semua memberikan kesan pesan dan bagaimana cara menghadapi kehidupan yang akan datang, lebih tepatnya yaitu dirumah kediaman Ibu Indres Suroso yang kebetulan adalah Dosen Pendamping Lapangan kami Tim Relawan Tanggap Covid-19, Kami sangat mengucapkan terima kasih untuk keluarga Ibu Indres Suroso dan Bapak Arief  DTT sebagai Bhabinmas didesa Tawang Sari yang sekaligus adalah Tim Relawan Covid-19 Polres Kulon Progo yang ditempatkan di wilayah Desa Tawang Sari Kemudian kita merasa seperti menjadi tim yang saling membantu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Tawang Sari.

        Cukup sekian sekiranya saya menceritakan Cerita Inspiratif KKN 2020 Teknik Dirgantara 2020 ditengah Pandemi ini karena jikalau saya ceritakan tidak akan cukup dengan kata kata karena sangat begitu berkesan bagi kelompok kami. Setelah sebulan, kami pun telah menyelesaikan seluruh kegiatan KKN kami dan dilanjutkan dengan pembuatan laporan guna sebagai berkas dan dokumentasi kami bahwa kami sudah selesai melaksanakan kegiatan KKN. Dalam menyelesai laporan ini pun dilakukan revisi agar tidak ada kesalahan dalam laporan. Demikian cerita inspiratif tentang KKN ini kami buat. Apabila ada kesalahan kata atau pun lainnya, kami penulis mohon maaf sebesar-besarnya.

    Berikut sedikit lampiran foto kegiatan KKN kami.