INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN)

CERITA KKN 1

        Perkenalkan nama saya Natanael Joseph M, saya adalah mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). Disini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya selama melakukan kegiatan kerja nyata (KKN) di STTKD. Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa yang sudah masuk semester akhir untuk selanjutnya berlanjut ke skripsi. Kuliah kerja nyata (KKN) sendiri menurut saya merupakan kegiatan yang dapat mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa sendiri. 

        Pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) Angkatan II ini berlangsung selama sebulan penuh yang mana pada tahun ini kegiatan KKN yang saya lakukan berbeda dengan KKN pada Angkatan pertama dikarenakan pada tahun ini seluruh Dunia sedang mengalami bencana kesehatan yaitu Pandemic Covid-19 yang mengakibatkan KKN pada tahun ini memiliki tiga opsi pilihan yang disediakan oleh kampus saya. pilihan yang disediakan oleh kampus saya yaitu kegiatan mengikuti penelitian yang dilakukan oleh dosen / proyek independent, pembelajaran kemanusiaan/tanggap Covid-19, dan ikut serta PKM dosen, yang dimana kegiatan KKN ini dapat dilakukan berkelompok dengan syarat satu kelompok maksimal lima orang mahasiswa atau dapat melakukan kegiatan KKN ini secara individu. Mahasiswa sendiri dapat bebas menentukan kegiatan yang akan dilakukan untuk melakukan KKN pada tahun ini. 

        Saya sendiri lebih memilih mengikuti kegiatan penelitian dosen dikarenakan tujuan saya adalah melakukan penelitian yang mana berkaitan dengan bahan skripsi saya nantinya. Kegiatan KKN saya pada tahun ini, saya lakukan dengan berkelompok bersama tiga orang teman saya yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kegiatan KKN saya lakukan pada bulan juni hingga bulan juli tepatnya pada tanggal 3 juni 2020 hingga 2 juli 2020 dengan tetap mengikuti protocol kesehatan yang berlaku. Kegiatan penelitian dosen yang saya dan teman-teman ikuti yaitu melakukan penelitian tentang alat heater yang nantinya akan dipasang pada horizontal stabilizer elevator pesawat. Pada minggu pertama dan kedua, saya dan teman-teman melakukan diskusi pembahasan bersama dosen mengenai kegiatan penelitian yang akan saya dan teman-teman ikuti. Setelah melakukan pembahasan, saya dan teman-teman melakukan peninjauan terhadap alat dan bahan yang nantinya akan digunakan untuk menunjang penelitian serta merancang model dari horizontal stabilizer dan heater. Ketika sedang melakukan perancangan model yang akan digunakan, saya dan teman-teman banyak berdebat mengenai pembuatan bentuk dari airfoil dan heater yang akan digunakan dalam penelitian ini. Perdebatan yang terjadi ini terkadang menimbulkan hal-hal lucu yang menjadikan akhirnya muncul bahan-bahan candaan yang membuat saya dan teman-teman tertawa dan saling menganggu satu dengan yang lain.

        
        Pada minggu ke tiga, saya bersama teman-teman dan dosen melakukan uji coba alat yang telah selesai saya dan teman-teman buat untuk memastikan bahwa alat yang telah dirancang ini dapat berjalan dengan lancar ketika nantinya digunakan untuk pengambilan data penelitian. Setelah dilakukan uji coba dan beberapa perbaikan yang diakibatkan karena munculnya error, maka pada minggu keempat saya dan temanteman melakukan pengambilan data untuk penelitian dosen yang saya dan temanteman ikuti. Setelah data penelitian didapatkan, saya dan teman-teman membantu dosen untuk mengolah data dari penelitian dosen yang saya dan teman-teman ikuti.
 
 
        Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) pada tahun ini yang tidak akan pernah saya dapat ditempat lain dengan waktu yang sama. Pada pelaksanaan kegiatan KKN ini juga saya sangat senang dapat melakukan kegiatan bersama teman-teman, dikarenakan sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman karena adanya pandemic Covid-19 yang mengakibatkan seluruh masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah saja.
 

CERITA KKN 2

        Perkenalkan nama saya Evangels Brilliant Dasmasela, dari Program Studi S-1 Teknik Dirgantara, Angkatan 2017. Kali ini saya akan membagikan cerita aktivitas kegiatan KKN tahun 2020 yang dimulai dari pengantar dan kegiatan KKN yang saya lakukan. KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh taruna-taruni secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi. KKN yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta pada tahun 2020 ini memang diselenggarakan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di berbagai wilayah di Indonesia bahkan dunia dan telah ditetapkan sebagai Bencana Non Alam, Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease  (Covid-19), maka dilakukan penyesuaian kegiatan KKN di masa Pandemi Covid-19. Berkaitan dengan hal tersebut, kepada Taruna/i STTKD yang akan mengambil mata kuliah KKN pada Angkatan II Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 diberikan pilihan bentuk kegiatan yang telah ditetapkan mekanisme dan prosedur adminitrasi baku dalam pelaksanaan KKN. Bentuk kegiatan KKN-PPM disesuaikan menjadi pembelajaran Independen, Kemanusiaan/Tanggap Covid-19 Di Wilayah/Domisili Masing-Masing, dan ikut Serta dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen. 

        Pada Tahun ini saya mengambil kegiatan pembelajaran Independen dari proyek penelitian dosen. Awalnya saya sempat mengajukan untuk kegiatan dilakukan berkelompok, namun dosen tidak menyetujui karena pekerjaan ini hanya diperuntukan oleh satu orang saja. Setelah saya berunding dengan rekan team saya, hanya saya saja yang nantinya akan mengerjakan penelitian tersebut. Uniknya pekerjaan itu dapat saya lakukan di kosan saya karena proyek yang saya lakukan adalah simulasi konsep alat yang berfungsi sebagai penyimpanan thermal dari sinar yang dipancarkan matahari dengan mengikuti proyek Dosen pembimbing. Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya pemanfaatan sinar matahari sedangkan energi surya adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas dari matahari menjadi sumber daya dalam bentuk lain seperti panas dan listrik. Secara ekonomis pemanfaatan energi matahari tentu lebih hemat dibandingkan memanaskan air menggunakan energi listrik rumahan, sehingga jika kita menggunakan energi matahari sebagai alternatif. oleh karena itu pemakaian energi listrik sebesar itu sudah tidak diperlukan lagi. Maka dari itu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang saya ambil akan membuat simulasi komputasi mengenai melting and solidification, yang mana tujuannya mengetahui proses lama peleburan dan pemadatan yang berkaitan dengan waktu penyimpanan thermal pada konsep alat yang disimulasikan.

        Untuk melaksanakan penelitian ini, saya membutuhkan waktu selama 1 bulan penuh pada bulan Agustus, Peralatan yang saya gunakan yaitu seperangkat Laptop dengan Spesifikasi prosesor Intel Core i7 dengan Ram 8GB serta SSD 512GB untuk mempercepat proses perhitungan komputer serta aplikasi perangkat lunak (software), yaitu Solidwork 2019 Premium sebagai software untuk membuat geomteri. 

        Hasil dari pengujian ini yaitu seiring bertambahnya waktu maka terjadi perubahan temperature yang dimulai dari material alumunium hingga ke material PCM ketika diberi kondisi batas dengan temperature pada wall bawah 338.15 K dan bagian wall atas 307.45K yang mana terlihat fenomena yang terjadi pada material PCM yang berubah dari padat menjadi cair yang ditunjukan dengan warna biru menjadi merah selama 1780 detik/ 29.6 menit atau selama pengujian simulasi berlangsung.

        Selain itu hambatan yang dialami ketika pengujian simulasi dilakukan yaitu step ketika running terlalu besar, sehingga mengalami kegagalan/error. Namun ketika step running diperkecil maka running-nya akan semakin lama. Selain itu terkadang terdapat error ketika running berlangsung. Oleh karena waktu KKN yang singkat sehingga tidak bisa untuk proses running lebih lama dengan menggunakan step yang kecil. Itu saja sedikit cerita mengenai aktifitas yang saya lakukan selama pengerjaan proyek penelitian KKN berlangsung. Terima kasih.

CERITA KKN 3

        Dalam rangka memenuhi syarat kelulusan program sarjana, setiap kampus harus melaksanaakan suatu kegiatan pengabdian ke dalam masyarakat guna menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari. KKN lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan partisipatif dan pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap potensi dan tantangan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka, baik secara individu maupun kelompok. Dikarenakan adanya pandemik covid-19, kampus STTKD menyediakan 3 program alternatif KKN yaitu: Program Individu, Program Relawan Covid-19, dan Program bersama Dosen. Agar kegiatan KKN berjalan dengan lancar maka dibentuklah sebuah kelompok kecil. Kelompok kami yang terdiri dari Dadi Wijaya, Clensaint A.P. Anugerah, FandiyaRiyaldi M, Jessica Chlarasima, Yusmina Hulda Walilo memilih Program Relawan Tanggap Covid-19 yang mana diterjunkan langsung diwilayah Kulonprogo, Tepatnya di Desa Tawang Sari.

        Pada saat kondisi ditenggah pandemi seperti  ini tentu saja sangat menantang dan yang paling penting lagi yaitu dengan adanya kita sebagai Tim Relawan covid-19 sangat membantu masyarakat untuk mensosialisasikan bagaimana cara tanggap atau menanggulangi covid-19 agar dapat mengurangi penyebar luasan Virus Covid-19, singkat cerita banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapat selama kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang tidak akan didapatkan ditempat lain dengan waktu yang sama, pengalaman pertama ketika melaksanakan kegiatan bersih – bersih di lingkungan sekitar kelurahan bersama masyarakat, dan melakukan kegiatan seperti Observasi budidaya ikan lele, Penanaman bibit pohon pepaya California, pemasangan stiker himbauan penggunaan masker disetiap masjid dan tempat umum yang sering di datangi orang banyak, membantu acara penutupan acara pelatihan kelompok Tani dll.

        Masyarakat sekitar sangat antusias menyambut baik dengan adanya program kuliah kerja nyata (KKN), walaupun dalam masa pandemic saat ini, kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tetap dilaksanakan sesuai dengan protocol kesehatan yang berlaku sehinga kegiatan program kerja nyata (KKN) dapat berjalan dengan baik, Meskipun tidak seperti saat kondisi normal sebelum Pandemik Covid-19. Selain masyarakat menyabut dengan baik, masyarakat juga sangat ramah dan tidak segan-segan meminta bantuan ketika masyarakat membutuhkan bantuan kami tim relawan tanggap Covid-19, Masyarakat yang berada dalam lingkup Kelurahan Tawangsari di setiap padukuhan yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, media pertanian yang berada dalam masyarakat desa adalah sawah, Hasil pertanian tersebut nantinya akan dibagi untuk konsumsi dan untuk diperjual belikan. Dalam pelaksaan program kerja yang dilaksanakan sangat mendukung akan keberlangsungan pertanian sebagai bentuk asset utama perekonomian masyarakat desa tawang dengan adanya kami melalukan kegiatan KKN di Desa Tawang Sari memberikan ilmu dan bekal untuk kedepanya nanti karena sangat berkesan dan mendidik karakter untuk menghadapi dunia kerja nanti, kemudian sedikit cerita tentang 3S(Sedih, Susah & Senang) yang lebih tepatnya itu adalah posko tempat kami untuk beristirahat dan untuk tidur dimalam hari selama 30 hari yang telah melindungi kami dari panasnya matahari dan dinginya malam tetapi dibalik itu semua memberikan kesan pesan dan bagaimana cara menghadapi kehidupan yang akan datang, lebih tepatnya yaitu dirumah kediaman Ibu Indres Suroso yang kebetulan adalah Dosen Pendamping Lapangan kami Tim Relawan Tanggap Covid-19, Kami sangat mengucapkan terima kasih untuk keluarga Ibu Indres Suroso dan Bapak Arief  DTT sebagai Bhabinmas didesa Tawang Sari yang sekaligus adalah Tim Relawan Covid-19 Polres Kulon Progo yang ditempatkan di wilayah Desa Tawang Sari Kemudian kita merasa seperti menjadi tim yang saling membantu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Tawang Sari.

        Cukup sekian sekiranya saya menceritakan Cerita Inspiratif KKN 2020 Teknik Dirgantara 2020 ditengah Pandemi ini karena jikalau saya ceritakan tidak akan cukup dengan kata kata karena sangat begitu berkesan bagi kelompok kami. Setelah sebulan, kami pun telah menyelesaikan seluruh kegiatan KKN kami dan dilanjutkan dengan pembuatan laporan guna sebagai berkas dan dokumentasi kami bahwa kami sudah selesai melaksanakan kegiatan KKN. Dalam menyelesai laporan ini pun dilakukan revisi agar tidak ada kesalahan dalam laporan. Demikian cerita inspiratif tentang KKN ini kami buat. Apabila ada kesalahan kata atau pun lainnya, kami penulis mohon maaf sebesar-besarnya.

    Berikut sedikit lampiran foto kegiatan KKN kami.

Read more

Yuk Cerita Aktivitas KKN-PPM Kalian !!

Bagi Taruna/i STTKD yang sedang melaksanakan KKN-PPM Angkatan II Tahun 2020 dapat berbagi cerita tentang aktivitas kalian selama KKN di masa Pandemi Covid-19 ini. Cerita-cerita kalian akan dimuat di website, media sosial STTKD atau media lainnya. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Penulis adalah peserta KKN-PPM STTKD Angkatan II tahun 2020.
  2. Tuliskan berita pendek sekitar 500 kata. Berita yang berisi cerita inspiratif diperkenankan lebih dari 500 kata.
  3. Dalam berita/cerita disertakan 3-4 foto menarik yang menggambarkan dan mendukung berita/cerita. Ketika melakukan kegiatan dan didokumentasikan dalam foto tampilkan atribut yang menunjukkan STTKD ya.
  4. Dalam berita/cerita, disertakan 5W+1H (who, what, where, when, why, how), dan tuliskan lokasi KKN-PPM kalian serta bentuk KKN-PPM.
  5. Naskah berita/cerita dikirim melalui email p3m@sttkd.ac.id.
  6. Cerita KKN-PPM kalian menjadi salah satu komponen penilaian mata kuliah KKN-PPM.

Selamat bercerita dan sebarkan keberhasilan program dan cerita inspiratif kalian ya. Kami tunggu naskahnya. Terima kasih.

UNDANGAN SOSIALISASI KKN-PPM 2020

Sehubungan dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan II semester ganjil tahun akademik 2020/2021 Program Studi Teknik Dirgantara, kami mengundang Taruna STTKD yang akan mengambil mata kuliah KKN-PPM pada angkatan II semester ganjil tahun akademik 2020/2021 untuk hadir dalam kegiatan Sosialisasi KKN-PPM  Angkatan II secara daring.

adapun detailnya dapat mendownload undangan resmi pada link berikut

Undangan Sosialisasi KKN 2020_Taruna

PEMBUKAAN PENDAFTARAN KKN-PPM STTKD ANGKATAN II SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di berbagai wilayah di Indonesia dan telah ditetapkan sebagai Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease  (Covid-19), maka dilakukan penyesuaian kegiatan KKN-PPM di Masa Pandemi Covid-19. Berkaitan dengan hal tersebut, kepada Taruna STTKD yang akan mengambil mata kuliah KKN-PPM pada Angkatan II Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 diberikan pilihan bentuk kegiatan dan telah ditetapkan mekanisme dan prosedur adminitrasi baku dalam pelaksanaan KKN-PPM.

Berikut lampiran detail pengumuman pendaftaran KKN-PPM Angkatan II Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

1. Pengumuman Pendaftaran KKN tahun 2020

2. Surat Pengajuan KKN 2020

3. Pedoman KKN STTKD

Untuk pendaftaran KKN-PPM 2020 Klik Link berikut

http://bit.ly/KKNSTTKD2020

Jadwal Pemberangkatan Peserta KKN

Perihal : Teknis Keberangkatan KKN

Kepada Yth.
Bapak dan Ibu Dosen Pendamping Lapangan dan Peserta KKN
di Yogyakarta

bahwa dalam rangka keberangkatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kami himbau kepada seluruh peserta dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) untuk teknis keberangkatan sebagai berikut:

Hari     : Senin, 22 Juli 2019

Waktu : 06.00 Wib

Titik Kumpul : Hanggar STTKD

Demikian kami sampaikan, Atas perhatian dan kerjasamanya, Kami mengucapkan terimakasih.

Kepala P3M STTKD

ttd

Dhiani Dyahjatmayanti, S.TP., M.B.A.

*Untuk pengambilan atribut (baju, Topi & Name tag) dimulai pada Hari Jum’at 19 Juli 2019 Pukul 14.00 Wib di Kantor P3M STTKD.

Daftar Peserta KKN Tahun 2019

Berikut daftar peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi S1 Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknik Kedirgantaraan Yogyakarta Tahun 2019.

[Detail Terlampir]