PENERIMAAN PROPOSAL PENELITIAN BAPPEDA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020 PENDANAAN TAHUN 2021

Kepada Yth. Dosen STTKD

 

Diberitahukan dengan hormat bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta membuka penerimaan proposal dana penelitian untuk tahun 2021 dari para Peneliti di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta. Adapun proposal penelitian yang diajukan memiliki tema sesuai dengan Tematik Pembangunan Kota Yogyakarta untuk tahun 2021, yaitu “Peningkatan Infrastruktur dan Perekonomian Berbasis Pariwisata untuk Kesejahteraan Masyarakat.” Kemudian berdasarkan RPJMD Kota Yogyakarta Tahun 2017-2022 ada 12 Pokok Pikiran Penguatan Kota Yogyakarta, yaitu: 1) Kota Nyaman Huni, 2) Kota Budaya, 3) Kota Seni, 4) Jogja Smart City, 5) Peningkatan Industri Jasa, 6) Kampung Ekonomi Kreatif, 7) Kota Pusat Pendidikan, 8) Revitalisasi Sungai, 9) Revitalisasi Pasar Tradisional, 10) Revitalisasi Ruang Terbuka Hijau, 11) Peningkatan Pelayan Kesehatan, 12) Ruang Kreativitas Anak Muda. Lebih lengkap mengenai syarat dan ketentuan terlampir dalam poster.

Perlu kami sampaikan, untuk pengajuan proposal ini penelitian yang diharapkan adalah penelitian terapan sehingga output yang diharapkan dari penelitian adalah hasil penelitian dapat langsung diterapkan (pemecahan masalah yang aplikatif), ada solusi, rekomendasi dan membuka jalan untuk penelitian selanjutnya.

 

Obyek penelitian harus di wilayah Kota Yogyakarta. Berdasarkan sosialisasi yang dihadiri oleh P3M STTKD, ada beberapa tema yang dapat Bapak dan Ibu Dosen STTKD kembangkan untuk diajukan proposal penelitian antara lain:

  1. Penataaan pedagang kaki lima (PKL) sesuai tata kota, relokasi (PKL) ke pasar tradisional
  2. Pengelolaan sampah mandiri, pengadaan ruang terbuka untuk pengelolaan sampah, Incinerator untuk pengolahan sampai di kecamatan/kelurahan.
  3. Mitigasi bencana, penataan rumah di sekitar bantaran kali.
  4. Kelurahan Pakuncen, Wirobrajan tingkat kemiskinannya paling tinggi se-kota Yogyakarta.
  5. Mengembangkan kampung budaya berbasis kerajinan, latar belakang/sejarah kampung, dll
  6. Penataan Malioboro
  7. Evaluasi aplikasi Jogja Smart Service (JSS), seberapa siap masyarakat jogja dengan sistem kerja digital dan seberapa siap pelayanan publik siap dengan sistem kerja digital karena beberapa pelayanan di JSS belum semua bisa dipakai. Masyarakat membutuhkan pelatihan JSS.
  8. Kajian penamaan kampung (toponim) untuk branding kampung.
  9. Penguatan Desa/Kelurahan Budaya, seperti:
  10. Aktualisasi potensi nilai-nilai budaya
  11. Aktualisasi norma sosial
  12. Aktualisasi sistem perilaku/ekspresi
  13. Aktualisasi pengetahuan budaya (adat/tradisi)
  14. Penguatan organisasi Desa Budaya.
  15. Peningkatan kemampuan SDM.
  16. Penguatan Visi dan Misi Organisasi.
  17. Penguatan Manajemen Organisasi.
  18. Penguatan Manajemen Program-kegiatan.
  19. Penguatan modal sosial (basis pendukung).
  20. Penguatan modal budaya (kreativitas seni/non seni)
  21. Penguatan modal ekonomi (kreativitas, daya tawar/daya saing).

 

Alokasi dana penelitian yang akan diberikan kurang lebih Rp 25.000.000,-/per proposal yang disetujui. Proposal penelitian dikirim melalui website https://riset.jogjakota.go.id/ paling lambat tanggal 7 April 2020. Bagi dosen yang mengajukan proposal dapat melakukan pengiriman proposal secara mandiri pada website. Untuk softcopy proposal mohon dapat dikirimkan ke P3M STTKD juga melalui emailp3m@sttkd.ac.id sebagai arsip. Demikian kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih.

Salam hormat,

P3M STTKD