Tim Dosen STTKD Gelar Pelatihan Pembuatan alat Pakan Ikan Berbasis Smart System

Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTKD) Yogyakarta membantu warga Dukuh Krenekan di Desa Klepu, Kec. Ceper, Kab. Klaten pada Sabtu (11/11/2022) praktik pembuatan alat pemberi pakan ikan otomatis berbasis IoT yang unik.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan pelatihan pembuatan pakan, memperoleh pendanaan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STTKD yang digelar di tempat Pembelajaraan Al-Quran (TPA) Baitul Muttaqin yang terdiri dari dosen STTKD Yogyakarta dipimpin oleh Dhimas Wicaksono ST, MT dan beranggota Indreswari Suroso, ST., MT, Ferry Setiawan, S.T., MT., Ikbal Rizki Putra, S.T.Eng., M.T. Sabri Alimi, S.T., M.T. yang berangkat langsung dari STTKD menuju desa Klepu.

Dalam hal ini mereka melakukan Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan antara lain, pelatihan Smart system pada Arduino sebagai otak penggerak dan bantuan implementasi produksi pakan ikan otomatis, melalui sistem pintar jumlah dan jadwal pakan dapat diatur serta dikontrol langsung melalui aplikasi smartphone. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan dapat memajukan sumber daya manusia serta perekonomian dan kesejahteraan Desa ke arah yang lebih baik.

“Menurut wawancara dengan pelaku usaha serta peternak ikan lele (Adven bangun) yang mendapatkan hibah alat pakan ikan, bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menunjang keberlanjutan pelaku usaha maupun masyarakat sekitar mereka, dan berharap pembinaan dari pihak Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan terus dikembangkan,”tuturnya.